Cara Baru Strategi Pemasaran Melalui Internet Marketing

Cara Baru Strategi Pemasaran Melalui Internet Marketing

Satu usaha yang gantungkan keberadaannya pada jual-beli barang/layanan apa saja macamnya, perlu lakukan penjualan. Tetapi, besar serta kecilnya usaha promo itu berbeda antar perusahaan, industri, serta antar pasar yang mempunyai tingkat kompetisi serta fragmen customer yang berlainan. Diperjalanan sejarahnya, taktik penjualan sudah alami banyak perkembangan. Pada awal waktu perkembangan industri, diikuti oleh revolusi industri yang melahirkan ide mass production, penjualan diperuntukkan untuk menggerakkan customer beli beberapa produk yang dibuat dengan cara massal. Oleh karenanya, pada saat itu, penjualan yang diketahui ialah penjualan yang diprioritaskan pada warga luas yang lebih terkenal dengan panggilan mass pemasaran.

Bersamaan dengan berjalannya waktu, tempat taktik mass pemasaran alami kemunduran, dia telah tidak dipandang taktik yang paling pas dalam pasarkan satu produk atau layanan. Hal tersebut disebabkan oleh bertambahnya jumlah produsen, brand, serta mode barang dan layanan di pasar hingga customer hadapi dengan pilihan/pilihan yang makin banyak.

Jumlahnya pilihan produk buat customer membuat customer condong pilih produk yang paling pas untuk dianya serta hal tersebut memaksakan produsen untuk bukan hanya membuat satu produk untuk kesemua orang dan juga membuat produk sesuai dengan keperluan fragmen pasar khusus. Paralel dengan hal tersebut, taktik promo juga beralih dari promo yang diperuntukkan untuk warga luas (mass promosition) ke promo yang diperuntukkan pada fragmen pasar khusus atau individu khusus (direct promosition).

Perubahan taktik promo tidak stop sampai di sini. Dengan dikembangkannya tehnologi serta jaringan internet, turut banyak muncul beberapa ide usaha baru, termasuk juga didalamnya ide e-commerce, yakni jual membeli barang atau layanan lewat internet. Ide baru itu memercayakan keberhasilannya dari pembelian barang atau layanan yang dilaksanakan oleh pengunjung internet hingga lahirlah satu ide berpromosi melalui media elektronik, terutamanya internet yang dikatakan sebagai internet pemasaran atau interactive pemasaran.

Tidak sama dengan mass pemasaran serta direct pemasaran yang umumnya berbentuk pasif (pemberian info satu arah), karakter internet pemasaran ini ialah aktif atau mungkin dengan kata lain, Internet pemasaran sangat mungkin customer berhubungan dengan perusahaan pemasar lewat iklan. Contoh hal tersebut bisa kelihatan dari iklan persegi panjang (spanduk) yang terpasang pada situs pelacak yang tersambung (di-link) dengan situs penjual atau katalog penjual hingga customer langsung bisa berhubungan dengan penjual cukup dengan mengeklik iklan itu. Lebih jauh, iklan di internet bisa sesuai dengan keperluan customer. Hal tersebut kelihatan di media, seperti kata kunci (keyword) spanduk yang ada berdasar kata pelacak yang ditik pada kolom pelacak. Lebih jelas, ketidaksamaan di antara ke-3 taktik pemasaran itu kelihatan pada Tabel berikut.

READ  Ragam Internet Marketing

Faedah serta Keunggulan Beriklan di Internet

Internet pemasaran mendapatkan sambutan yang lumayan luas dari warga usaha, khususnya di negara maju yang basis customer dan pengunjung internet lumayan besar. Sambutan yang lumayan luas itu tidak lepas dari faedah serta keunggulan yang bisa didapat dari beriklan di internet.

Tipe Promo di Internet Banyak tipe promo yang ada di internet tetapi untuk menyederhanakannya, Kelompok tipe promo di internet seperti berikut.

  1. Search Engines

 Situs pelacak yang tawarkan sarana penelusuran situs atau produk yang ditawarkan di internet. Situs itu bisa digunakan dengan mendaftar alamat situs (URL address) di situs pelacak, seperti Google.com dan lain-lain. Tinggi atau rendahnya rangking bergantung dari persistensi situs serta populeritas situs itu.

  1. URL Linking

Satu cara promo dengan membuat link (jalinan) dengan situs lain atau mungkin dengan mendaftar alamat URL (alamat situs) ke situs direktori, seperti yahoo.com serta msn.com.

  1. Viral Promosition

yakni cara promo dengan mengikuti promo dari mulut ke mulut, namun di internet, promo itu dilaksanakan dengan tempelkan iklan teks yang seringkali berisi link ke situs/katalog pada tiap e-mail yang Anda kirim ke konsumen setia atau relasi, serta ada pula yang melekatkannya pada software atau artikel atau publikasi lain yang bisa di-download dengan gratis dari situs Anda.

  1. Public Relations

Satu langkah mengenalkan situs atau produk secara cepat serta menarik sebanyak-banyaknya pengunjung atau konsumen dengan mengumumkannya di beberapa publikasi online memakai layanan News Release Service yang berada di internet.

  1. E-Mail Publishing

Satu cara berpromosi dengan e-mail serta entrepreneur kirim e-mail pada calon konsumen prospek serta merayu mereka untuk hadir ke websitenya serta beli produk yang ditawarkan. Promo dengan e-mail itu umumnya diawali dengan minta konsumen setia atau pengunjung daftarkan diri pada free newsletter atau discussion grup untuk mendapatkan alamat e-mail-nya.

  1. Networking
READ  4 Bisnis Online Tanpa Modal yang Sangat Menguntungkan

Satu cara promo di internet dengan manfaatkan jalinan yang dibina dengan calon konsumen setia serta relasi serta cara tersebut bisa dilakukan lewat pengerjaan serta peningkatan mailing daftar atau discussion grup.

  1. Paid Advertensi:

Umumnya dari cara itu bisa dilaksanakan dengan ongkos yang relatif murah tetapi efektivitasnya juga relatif terbatas. Jika cara itu tidak mencukupi untuk menarik jumlah pengunjung yang relevan, seorang entrepreneur bisa memakai alat promo yang berbentuk komersial, diantaranya seperti berikut.

  1. Iklan Spanduk yang dipamerkan pada halaman situs terkenal dengan biaya berdasar hitungan CPM (Biaya Per Thousands Impressions) atau ongkos per seribu tampil. Umumnya                       tarifnya sekitar seputar USD 1 s.d. 10 untuk customer umum serta USD. 35 s.d. 50 untuk                   fragmen                customer khusus
  2. Listing pada situs portal terpenting, seperti MSN atau Lycos. Untuk hal tersebut, tarifnya bisa berbentuk flat atau prosentase.

Iklan pada e-Mail Newsletter.

  1. Iklan pada e-mail newsletter itu terpasang pada tiap e-mail newsletter yang dikirim pada beberapa berlangganan satu newsletter. Biaya beriklan pada media ini relatif dapat dijangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *